Indahnya Saling Nasehat-Menasehati

Indahnya Saling Nasehat-Menasehati
BREAKING

Kamis, 08 Februari 2018

Ikhlas Tiada Batas



🌺 *IKHLAS TIADA BATAS*

Alloh azza wa jalla berfirman:

وَلَا تَمْنُنْ تَسْتَكْثِرُ

_"Dan janganlah kamu memberi (dgn maksud) memperoleh (balasan) yg lebih banyak"_
(QS: Al-Mudatsir: 6)

▪️Seorang atasan yg baru saja membantu bawahannya keluar dari kesulitan hidup terlihat kesal,rupanya ia tak mendapat perlakuan yg istimewa dari bawahannya.

▪️Seorang konglomerat yg selalu mendermakan hartanya di jalan dakwah terlihat bermuram durja. Rupanya kehadirannya tak begitu diapresiasi.

▪️Seorang da'i yg siang malam berdakwah di jalan Alloh terlihat begitu jengkel. Rupanya ia tdk mendapatkan pelayanan yg berarti dari jamaahnya,atau merasa dilupakan oleh murid-muridnya.

Hatinyapun berbisik _“Kalau bukan karena saya kalian tidak akan begini dan begitu. Kalau bukan karena saya,maka si fulan tdk akan sesukses itu. Atau mengatakan: “ _Sayalah yg dulu menunjuki fulan ke jalan hidayah_“
*Tidak,itu tdk boleh terjadi,bahkan ia harus merasa belum berbuat apa-apa*.

Alloh berfirman:

يمنون عليك أن أسلموا قل لا تمنوا علي إسلامكم بل الله يمن عليكم أن هداكم للإيمان

_“Mereka mengungkit keislaman mereka kepadamu. Katakan, “Janganlah kamu mengungkit keislaman kalian kepadaku,tetapi Alloh lah yg memberikan kepada kalian hidayah kepada iman.”_
(QS. Al Hujurot: 17).

Begitulah...

Ketika seseorg merasa telah berbuat banyak,kadang dirinya dihadapkan pada perang melawan  *syahwat khafiyyah*. Syahwat yg memintanya agar menuntut pujian atau balasan yg lebih dari apa yg ia diberikan.
Bila bisikan-bisikan itu datang,  katakan pada diri:

وَلَا تَمْنُنْ تَسْتَكْثِرُ

_"Dan janganlah kamu memberi (dgn maksud) memperoleh (balasan) yg lebih banyak"_

Ketahuilah..

Manusia yg paling melelah adalah mereka yg berbuat,kemudian mengharapkan balasan yg setimpal atau lebih dari manusia.
*Berbuatlah untuk pahala Alloh,bukan tuk dikenang..*

*Berbuatlah,kemudian berlalulah..*
*Seperti Musa yg berlalu setelah mengambilkan air untuk dua putri Madyan.*

Yakinilah...

*Bila manusia melupakan kebaikanmu,maka Alloh takkan melupakannya. Bila kebaikanmu tak tertulis indah dalam diary orang lain,maka ia akan terukir indah disisi Alloh.*

Sekali lagi.. Ikhlas adalah bab yg takkan pernah usai,hingga ujung usia. Ikhlas tiada batas..dan hanya tumbuh dalam bimbingan dien islam yg lurus, 98 : 5 'Padahal mereka hanya diperintahkan menyembah Alloh dgn ikhlas mentaati-Nya semata-mata karena menjalankan dien dgn lurus, dan supaya mereka mendirikan sholat dan menunaikan zakat, dan yg demikian itulah dien yg lurus.

Catatan:

=> *Syahwat Khafiyah* adalah keinginan2 yg tersembunyi di balik setiap tindakan

About ""

Masalah adalah ujian pendewasaan, tidak ada alasan menyalahkan orang lain, benahi diri sendiri dan jadilah pribadi yang dewasa. Banggalah pada dirimu sendiri, meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena mereka tak mampu menjadi seperti dirimu.

Posting Komentar

 
Copyright © 2013 Belajar Takwa
Design by FBTemplates | BTT