Indahnya Saling Nasehat-Menasehati

Indahnya Saling Nasehat-Menasehati
BREAKING

Kamis, 15 Februari 2018

Al Baari - Maha Mengadakan


Yang menjadikan segala sesuatu Atau Yang Maha Pengembang. Robb merencanakan Makhluk-Nya dan menuntunnya melalui tahap - tahap dalam proses perkembangannya. Alloh bersifat Al-Bari' yang bisa diartikan sebagai Maha Merencanakan Sesuatu.

Dengan sifat-Nya tersebut Alloh Subhanahu Wata'ala mengajarkan kepada hamba - hamba-Nya agar selalu memilki rencana sebelum melakukan segala sesuatu hal.
Akan tetapi perlu untuk diingat, bahwa Alloh Subhanahu Wata'ala adalah yang menentukan hasilnya.

Menurut sebagian pendapat ulama' yang lain AL – BARI memiliki makna lebih kepada yang menjadikan segala sesuatu dari tiada menjadi ada.
“Al-Bari` artinya yang menciptakan makhluk tanpa meniru.

Akan tetapi lafadz ini lebih memiliki kekhususan pada (penciptaan) makhluk-makhluk hidup, tidak pada makhluk-makhluk yang lain. Lafadz ini jarang sekali dipakai pada (penciptaan) selain makhluk hidup.

Alloh Subhanahu Wata'ala Melaksanakan dan memunculkan atau mengadakan apa yang Dia tetapkan menuju ke alam nyata.
Dan tidak semua yang bisa menetapkan sesuatu dan mengaturnya mampu untuk melaksanakan dan mewujudkannya, selain Alloh Subhanahu Wata'ala.

Dengan mengimani nama tersebut serta mengetahui maknanya, kita semakin menyadari kekuasaan Alloh Yang Maha Hebat, serta mengetahui bagaimana luasnya ilmu Alloh dan kemampuan-Nya.
Di mana tidak mungkin ada yang melakukan itu semua kecuali Dzat yang Maha Berilmu dan Maha Mampu.
Ini semua mestinya membuat kita semakin tunduk kepada-Nya dan semakin patuh. Sebagaimana juga mestinya membuat kita semakin bersyukur kepada-Nya karena kita semua dengan bentuk ciptaan yang bagus dan indah ini adalah buah dari Asma Alloh Subhanahu Wata'ala tersebut.


Ratu dengan 80.000 Lebah Pekerja

Alloh SWT menciptakan lebah dengan beberapa keistimewaan.
Sarang yang dibangun lebah berbentuk segi enam. Selain sebagai tempat tinggal, sarang juga menjadi tempat menyimpan madu. Sarang ini dapat menampung 80 ribu ekor lebah.
Di dalam sarang tinggal Ratu Lebah dan Lebah Pekerja. Lebah memberikan manfaat yang sangat besar kepada manusia dan kepada tumbuhan.

Lebah menghasilkan madu yang bermanfaat bagi kesehatan manusia. Selain enak, madu itu bernilai gizi tinggi dan berkhasiat sebagai obat. Lebah juga ikut membantu proses penyerbukan bunga pada tumbuhan.

Alloh SWT mewujudkan segala hal sesuai dengan takarannya yang tepat. Dialah Pencipta semua makhluk. Sehingga Alloh memiliki nama Al Baari’, yaitu Maha Mengadakan.

Alloh SWT berfirman:

هُوَ اللّٰهُ *الْخَـالِـقُ* الْبَارِئُ الْمُصَوِّرُ لَـهُ الْاَسْمَآءُ الْحُسْنٰى ۗ  يُسَبِّحُ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِ ۚ  وَهُوَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ

"Dialah Alloh Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Dia memiliki nama-nama yang indah.
Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada-Nya. Dan Dialah Yang Maha Perkasa, Maha Bijaksana."
QS. Al-Hasyr (59)/24

About ""

Masalah adalah ujian pendewasaan, tidak ada alasan menyalahkan orang lain, benahi diri sendiri dan jadilah pribadi yang dewasa. Banggalah pada dirimu sendiri, meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena mereka tak mampu menjadi seperti dirimu.

Posting Komentar

 
Copyright © 2013 Belajar Takwa
Design by FBTemplates | BTT