Indahnya Saling Nasehat-Menasehati

Indahnya Saling Nasehat-Menasehati
BREAKING

Kamis, 08 Februari 2018

Al Mutakabbir_Pemilik Segala Keagungan



🕌Asmaul Husna🕌

*Al Mutakabbir* ( المَُتَكَبِّرُ )
_Pemilik Segala Keagungan_


Di dunia ini, bahkan pada hamparan langit dan bumi, terdapat tanda-tanda kebesaran Alloh. Alloh memiliki kebesaran atas seisi alam semesta ini.
Banyak peristiwa-peristiwa tentang kebesaran Alloh yang belum kita ketahui atau mungkin banyak di sekitar kita namun kita tak menyadarinya.

Secara bahasa *Al-Mutakabbir berarti kebesaran, angkuh, yang tidak tertundukkan.* Alloh Al-Mutakabbir artinya Alloh pemilik segala kebesaran. Kebesaran itu hanya milik Alloh.
Hanya Alloh yang pantas menyandangnya sebab Alloh Maha Besar.
Ada pendapat lain yang menyatakan bahwa ism dari Al-Mutakabbir adalah *takabbur dan kibriya’* yaitu *pemberitahuan tentang hak Alloh SWT bagi sifat-sifat agung dan sempurna*.
Ism Al-Mutakabbir itu mengumpulkan segala makna tanzih (penyucian).
Jadi, barangsiapa mengenal ketinggian, keagungan dan kebesaran Alloh, maka ia akan selalu membiasakan dirinya bersikap hina dan merendah.

Rosululloh saw. bersabda:
_“Semoga Alloh mengasihani hamba yang mengenal kekuasaannya sehingga ia tidak melanggar batasan-batasannya.”_

Imam Ghazaly berpendapat bahwa al-Mutakabbir adalah yang memandang selainnya hina dan rendah bagai pandangan raja kepada hamba sahayanya bahkan merasa bahwa keagungan dan kebesaran hanya miliknya.
Sifat ini tidak mungkin disandang kecuali oleh Alloh.
Karena hanya Dia Yang Berhak dan Wajar bersikap demikian. Setiap yang memandang keagungan dan kebesaran hanya miliknya secara khusus tanpa selainnya, maka pandangan tersebut salah!, Kecuali Alloh SWT.
Tapi ingat!
Bahwa sifat al Mutakabbir ini ditujukan oleh-Nya kepada mereka yang angkuh, yang memandang serta memperlakukan selainnya hina dan rendah.

Alloh berfirman :
_"Dia-lah Alloh Yang tiada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia, Raja, Yang Maha Suci, Yang Maha Sejahtera, Yang Mengaruniakan keamanan, Yang Maha Memelihara, Yang Maha Perkasa, Yang Maha Kuasa, Yang Memiliki segala keagungan, Maha Suci, Alloh dari apa yang mereka persekutukan."_ Q.S. Hasyr (59)/23

Akhirnya, marilah kita berdoa:
 _"Ya Alloh, Aku berlindung kepada-Mu dari setiap kejahatan yang sekarang dan yang akan datang, kejahatan  yang telah aku ketahui dan yang belum aku ketahui. Ya Alloh, sungguh aku memohon kepada-Mu sebaik-baik yang telah diminta kepada-Mu oleh hamba dan nabi-Mu. Dan aku berlindung kepada-Mu dari segala kejahatan, yang telah dimohonkan terhindarnya kepada-Mu oleh hamba dan nabi-Mu."_ (H.R. Ibnu Majah dan Ahmad)

WAllohu A'lam

🕌🕌🕌🕌🕌🕌🕌🕌🕌🕌🕌🕌

About ""

Masalah adalah ujian pendewasaan, tidak ada alasan menyalahkan orang lain, benahi diri sendiri dan jadilah pribadi yang dewasa. Banggalah pada dirimu sendiri, meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena mereka tak mampu menjadi seperti dirimu.

Posting Komentar

 
Copyright © 2013 Belajar Takwa
Design by FBTemplates | BTT