Indahnya Saling Nasehat-Menasehati

Indahnya Saling Nasehat-Menasehati
BREAKING

Jumat, 09 November 2018

AL-GHONI - Yang Maha Kaya


ALLOH SWT berfirman:

هٰۤاَنْـتُمْ هٰۤؤُلَآ ءِ تُدْعَوْنَ لِتُنْفِقُوْا فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ   ۚ  فَمِنْكُمْ مَّنْ يَّبْخَلُ    ۚ  وَمَنْ يَّبْخَلْ فَاِنَّمَا يَبْخَلُ عَنْ نَّـفْسِهٖ   ۗ  وَاللّٰهُ الْغَنِيُّ وَاَنْـتُمُ الْفُقَرَآءُ  ۚ  وَاِنْ تَتَوَلَّوْا يَسْتَـبْدِلْ قَوْمًا غَيْرَكُمْ  ۙ   ثُمَّ لَا يَكُوْنُوْۤا اَمْثَالَـكُم

"........... Dan ALLOH-lah Maha Kaya kamulah orang-orang yang membutuhkan-Nya"
Qs. Muhammad (47)/38

Al-Ghoni maknanya, bahwa ALLOH SWT yang memiliki kecukupan yang sempurna dan mutlak dari segala sisinya.
Kecukupan-Nya sama sekali tidak ternodai oleh sifat miskin dan membutuhkan.
Sifat kecukupan dan kekayaan-Nya tidak mungkin lepas dari-Nya, karena sifat ini adalah konsekuensi dari Dzat-Nya, dan sifat yang terkait dengan Dzat-Nya tidak mungkin hilang.

Di antara kecukupan-Nya sehingga tidak membutuhkan kepada makhluk-Nya, bahwa ALLOH SWT tidak menjadikan bagi diri-Nya istri ataupun anak.

ALLOH SWT berfirman:
”(orang-orang yahudi dan nasrani) berkata: ”ALLOH mempunyai anak.”
Maha Suci ALLOH; Dia-lah Yang Maha Kaya; kepunyaan-Nya apa yang ada di Langit dan apa yang di Bumi….”
QS. Yunus (10)/68

Tiada serikat bagi-Nya dalam kerajaan-Nya, tidak pula memerlukan penolong karena terhina, karena Dia Maha Kaya, Maha Cukup, Maha Tidak Membutuhkan, yang telah sempurna segala sifat-sifat-Nya.
Bahkan Dia pula yang Mencukupi segala makhluk-Nya.
Di antara kesempurnaan kekayaan-Nya, serta keluasan pemberian-Nya adalah apa yang Ia hamparkan untuk penghuni istana kemuliaan-Nya di Surga, berupa kenikmatan, kelezatan yang terus-menerus, kebaikan yang berkesinambungan, serta nikmat-nikmat yang tidak pernah terlihat oleh mata, tidak pernah terdengar oleh telinga, dan tidak pernah tebersit dalam kalbu manusia.

Di antara luasnya kekayaan-Nya, bahwa perbendaharaan Langit dan Bumi semuanya berada di tangan-Nya, ALLOH SWT salurkan darinya sekehendak-Nya dan bahwa pemberian nikmat-Nya senantiasa berkesinambungan terus mengalir, tidak terputus walau sesaat sebagaimana tersebut dalam sebuah hadits:
“Sesungguhnya tangan kanan ALLOH SWT  penuh, selalu memberi, malam dan siang, tidak menguranginya pemberian apa pun.
Tidakkah engkau mengetahui apa yang ALLOH SWT berikan sejak Dia ciptakan langit-langit dan bumi?
Sungguh, itu tidak mengurangi sedikit pun apa yang ada di tangan-Nya.”
HR. Al Bukhari-Muslim

Di antara kesempurnaan kekayaan dan kemurahan-Nya, ALLOH SWT bentangkan tangan-Nya untuk mengijabahi doa doa bagi mereka yang berdoa, ALLOH SWT penuhi kebutuhannya, ALLOH SWT angkat kesulitannya, tidak pernah kesal dengan rengekan makhluk-makhluk yang meminta. Bahkan, ALLOH SWT murka kepada siapa yang tidak meminta kepada-Nya.
Dia berikan kepada hamba-Nya apa yang mereka minta dan yang tidak mereka minta.

 Dalam hadits Qudsi, ALLOH SWT berfirman:
“Wahai hamba-Ku, andai yang pertama hingga yang terakhir di antara kalian, bangsa manusia dan bangsa jin dari kalian, mereka berdiri pada satu hamparan lalu semuanya berdoa dan meminta kepada-Ku lalu Ku-kabulkan permintaan masing-masing, hal itu tidak mengurangi dari apa yang di sisi-Ku kecuali seperti jarum yang dicelupkan ke dalam lautan.”
HR. Muslim

Betapa bahagianya kita, saat ALLOH SWT  memberikan kepada kita taufik-Nya untuk hanya beribadah kepada-Nya, karena sesembahan kita Maha Kaya, takkan merugi seseorang yang Tuhannya Maha Kaya.

Hal ini membuat kita sebagai hamba-Nya tidak berputus asa dalam meminta dan berdoa.
ALLOH SWT bahkan memerintahkan kita untuk meminta-Nya dan menjanjikan untuk mengijabahinya, baik permintaan duniawi maupun ukhrawi.
Saat kita bersalah lalu meminta ampunan-Nya, dengan kemurahan-Nya, Dia akan memberikan maaf-Nya.

Saat kita terdesak kebutuhan, Dialah tujuan kita dalam meminta, niscaya Dia akan berikan.
Dia tidak meminta sesuatu kepada kita berupa imbalan apa pun, hanya saja merupakan kewajiban kita untuk menunaikan hak-Nya, dengan beribadah hanya kepada-Nya.
Namun, perlu diingat, tentu tidak semua doa akan dikabulkan oleh ALLOH SWT.

Hanya doa-doa yang baik dan terpenuhi syaratnya serta selamat dari segala penghalang terkabulnya.
Terkadang ALLOH SWT mengabulkannya nanti di Akhirat, atau dengan menghindarkan kejelekan yang senilai dengan apa yang dia minta.

“Hai manusia, kamulah yang berkehendak kepada ALLOH; dan ALLOH Dialah Yang Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) lagi Maha Terpuji.”
QS. Fâthir (35)/15

ALLOH adalah pemilik Langit dan Bumi beserta seluruh isinya.
ALLOH juga Maha Pemberi Kekayaan.
Sesungguhnya tidak ada manusia yang kaya, karena semua harta yang ada pada mereka sekedar titipan dari ALLOH selama mereka masih hidup.
Manusia ibarat tukang parkir, semua kendaraan itu punya sang empunya.
Begitu pemiliknya membawa pergi, harus ikhlas menerimanya.

ALLOH SWT berfirman:
"Dan Robb-mu Maha Kaya yang mempunyai sifat Kasih Sayang"
Qs. Al-An'am (6)/133

Seorang hamba, sangat membutuhkan untuk beribadah kepada ALLOH agar mendapatkan ridho dan kasih sayang-Nya, sedangkan ALLOH Maha Kaya, tidak membutuhkan segala ibadah makhluk-Nya.

Dengan mengenal sifat Al-Ghoniy ini, kita hendaknya, bersikap tawadhu' (rendah hati), mengindari kesombongan apalagi durhaka kepada ALLOH, karena sesungguhnya ALLOH Maha Kaya, tidak membutuhkan ibadah serta ketaatan makhluk-Nya.
Selalu bersyukur kepada ALLOH, karena sesungguhnya Dia-lah yang mencukupi segala kebutuhan makhluk.

Menjauhkan dari sikap memohon kepada selain ALLOH, karena hamya ALLOH yang sanggup memenuhi kebutuhan makhluk-Nya, menjadikan penuh pengharapan kepada-Nya.
Bersikap semakin bergantung dan bertawakal kepada ALLOH, sebab menyakini bahwa hanya ALLOH Yang Maha Kaya.

Semoga ALLOH memberi taufiq kepada kita semua sehingga menjadi hamba yang bersyukur.

About ""

Masalah adalah ujian pendewasaan, tidak ada alasan menyalahkan orang lain, benahi diri sendiri dan jadilah pribadi yang dewasa. Banggalah pada dirimu sendiri, meski ada yang tak menyukai. Kadang mereka membenci karena mereka tak mampu menjadi seperti dirimu.

Posting Komentar

 
Copyright © 2013 Belajar Takwa
Design by FBTemplates | BTT